Jumat

Outbound Solusi Sosialisasi Internal Value

 dipostingan kali ini saya akan paparkan cara efektif untuk mensosialisasikan kebijakan dan peraturan (internal value)  dalam organisasi dan perusahaan agar tepat sasaran dan bisa meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan.
Cara Pandang seseorang mengenai sebuah benda atau objek tentunya sangat dipengaruhi oleh sejauh mana orang tersebut mampu menggali kemampuan berfikir dan berimajinasi tentang fikirannya yang akan menyimpulkannya didalam bentuk pengambilan keputusan.
 Contoh :
Ada berapa bentukah yang mampu anda kenali dalam tayangan gambar diatas ? kembali lagi itu semua tergantung dari percepsi masing -masing.

Suatu Objek bisa diartikan berbeda oleh orang yang berbeda, begitu juga suatu kebijakan bisa dikatakan baik oleh sebagian orang namun juga bisa juga menjadikan sebagian orang merasa akan kekhawatiran yang mendalam tentang dirinya, sekali lagi itu semua tergantung dari percepsi masing-masing individu.diperlukan suatu mekanisme persamaan percepsi tentang suatu policy antara perusahaan dan karyawan dengan melalui pendekatan aktivitas komunikasi dua arah, Dengan melakukan kegiatan outbound setidaknya dapat menjembatani kebuntuan konikasi selama ini. yang didalamnya akan tertuang beberapa hal sbb:
  1. Brain Storming : adalah ajang untuk penyamarataan pola dan konsepsi berfikir antara orang orang didalam organisasi, sehingga terbentuk kesamaan arah tujuan yang akan kita sama-sama raih.
  2.  Work-Out : mengumpulkan semua pendapat untuk memecahkan sebuah masalah dengan mengedepankan penghormatan terhadap perbedaan cara pandang karyawan.
  3. Sugesstion Scheme : bentuk usulan yang dapat tercipta dari setiap precepsi masing-masing karyawan tentunya dengan tetap mengedepankan pemecahan masalah bersama, yang kemudian akan dirumus dan disimpulakan oleh pimpinan perusahaan.
  4. Improvement Process Continuation : Kesimpulan yang telah terbentuk didalam aktivitas penyamaan percepsi akan dituangkan dalam rumusan kebijaksanaan progresif perusahaan.
Keberhasilan ataupun kegagalan yang akan di capai dari sebuah kebijaksanaan yang telah diambil bersama setidaknya masing masing individu akan merasa memegang tanggung jawab, dan akan terpanggil untuk memacu kearah yang lebih baik.
Semua itu bisa dilakukan ditempat Outbound, yang tentunya outbound bukanmerupakan paket instan dalam menyamakan percepsi diperlukan konsep pembelajaran yang tersusun secara sistematis, terus-menerus dan berkesinambungan.. 
tentunya masih banyak solusi untuk sosialisasikan kebijakan dan peraturan organisasi dan perusahaan dengan cara lain yang sesuai dengan kondisi organisasi dan perusahaan.
.


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More